BNN Buka Tebar Da'i Anti Narkotika Untuk Mahasiswa

17.27
Hamka Mahmud*

Sejak bulan Juli 2023 program Tebar Da'i Anti Narkotika Yayasan Hadji Kalla berjalan belum pernah audiensnya mahasiswa. Hanya siswa dan jemaah masjid. Sehingga isi perjanjian kerjasama belum terlaksana maksimal. Pernah satu kali di bulan Juli ceramah, tapi di masjid kampus, karena yang cepat respon pengurus masjidnya. Bukan pihak kampus.

Penulis menyerahkan wakaf buku DANI pada Ketua STAI Al-Furqan disaksikan Kabid P2M

Meski beberapa surat permohonan mengisi sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika telah dilayangkan dibeberapa kampus tenar. Namun, belum mendapat respons tanggapan dari surat DANI. Ada beberapa faktor, salah satunya adalah belum masuk mahasiswa barunya. Sehingga itu mungkin surat di bulan Juli tidak terespons. Ada juga kampus yang berganti rektornya, sehingga tidak jelas apa keputusan rektor yang diganti dari surat yang telah dikirim.

Tebar DANI di Masjid Al-Muawwanah Dinas Sosial Provinsi Sulsel

Berdakwah Tidak Meminta Upah

Ada kampus yang mujur, sebab tak ada sepeserpun dana dikeluarkan untuk diberikan kepada pemateri pencegahan penyalahgunaan narkotika. Dan memang kegiatan Tebar Da'i Anti Narkotika di dalam berdakwah tidak meminta imbalan apa pun kepada tuan rumah. Prinsip yang dipegang adalah firman Allah,


{  لَآ أَسۡـَٔلُكُمۡ عَلَيۡهِ أَجۡرًاۖ إِنۡ أَجۡرِيَ إِلَّا عَلَى ٱلَّذِي فَطَرَنِيٓۚ }

 Aku tidak meminta imbalan kepadamu atas (seruanku) ini. Imbalanku hanyalah dari Allah yang telah menciptakanku. QS. Hud: 51]

Kampus yang mujur tersebut yakni  STAI (sekolah tinggi agama Islam) Al-Furqon. Ketuanya Dr. Ismail, M.Pd. Sangat responsif terhadap niat penulis ingin ceramah cegah narkotika di kampusnya. Jumat 25 Agustus 2023 chat via WhatsApp.  Hari Senin, 28 Agustus 2023 minta surat resmi dilayangkan. Lalu tepat hari Selasa, 29 Agustus 2023 acara perdana Tebar Da'i Anti Narkotika untuk mahasiswa dilaksanakan.

Tebar DANI di Masjid Al- Muawanah RRI Makassar

Dibuka Pejabat BNNP SULSEL 

Di hadapan hampir seratus peserta mahasiswa baru STAI Al-Furqon menyimak kegiatan pembukaan perdana tersebut. Tulisan di flayer publikasi yang disebar, bahwa akan dibuka oleh Kepala BNNP Sulsel Brigadir Jenderal Polisi. Guruh Ahmad Fadiyanto, SH., MH., Karena acaranya mendadak dan agenda jenderal bintang satu tersebut telah terjadwal di acara tertentu.

Penulis menyerahkAn buku dan skenario Film DANI kepada Kepala BNNP SULSEL saat audiens

Sehingga diwakilkan kepada Kabid P2M pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP SULSEL Ishaq Iskandar, S.Kom., M.Kom. Dalam sambutanya menyampaikan, bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Tebar Da'i Anti Narkotika tersebut.

Ia juga mengatakan, bahwa sudah lama memperjuangkan penulis untuk mendapat apresiasi nasional. Sebab sangat peduli pencegahan narkotika. Tahun ini 2023 sempat ia meminta data penulis. Tapi karena mendadak permintaan dari pusat tersebut, sehingga luput tahun 2023 penulis menerima reward nasional. Itu alasan yang disampaikan di hadapan para mahasiswa dan civitas akademik STAI  Al-Furqan.

Tebar DANI di  SMA 6 Makassar

Kemudian menambahkan, dengan minta vidio-vidio kegiatan penulis. Ia akan mengajukan kembali kepada BNN RI agar menerima apresiasi dari pusat sebagai penghargaan. Sebab sangat beralasan layak, "karena Da'i Anti Narkotika  gagasannya telah dikenal luas dan memiliki karya besar yakni buku berjudul DANI". Ucapnya. 


Pejabat ahli komunikasi tersebut sampai menyampaikan. Bahwa Da'i Anti Narkotika adalah satu-satunya di Indonesia. Ketika selesai pidato membuka kegiatan tersebut. Saat duduk penulis beri tahu. Bahwa ada skenario film Da'i Anti Narkotika diberikan kepada Kepala BNNP saat audiensi Selasa, 22 Agustus 2023 lalu. Ia lalu menyampaikan, agar penulis memberikan soft copy skenario film tersebut agar dapat mengingatkan Kepala BNNP SULSEL tentang pembuatan film DANI.
Tebar DANI pada siswa boadingschool  SMA 17 Makassar

Amanah Dakwah 40 Kali Selama Tahun 2023

Saat penulis memberi kata sambutan dengan menyampaikan kepada Kabid Pencegahan dan Pmberdayaan Masyarakat. Bahwa DANI berkewajiban menyampaikan dakwah empat puluh kali selama tahun 2023 oleh Yayasan Hadji Kalla. Sebenarnya  kegiatan tebar Da'i Anti Narkotika di bulan Agustus 2023 telah terpenuhi kuotanya. Sebab telah delapan kali kegaitan. Karena 40 kali dibagi 5 bulan program berjalan maka jadinya 8 kali setiap bulan kegiatan ceramah.
Suasana Pretest Teber DANI di SMA 1 Makassar

Namun karena permintaan sahabat yakni Ketua STAI Al-Furqan yang sejak lama penulis kenal sebagai seorang qari dan anggota dewan hakim MTQ di Kabupaten Maros, juga ia warga Maros. Sehingga menyetujui permintaanya tersebut. Yaitu mendapat giliran kesembilan. Jika diakumulasi selama bulan Juli dan Agustus telah 17 kali ceramah tebar Da'i Anti Narkotika. Agustus tempat-tempat yang dimasuki ceramah yakni: 

1) SMA Negeri 5  Jl. Taman Makam Pahlawan Makassar Jumat, 4 Agustus 2023. 
2) SMA Negeri 1 Jl. Gunung Bawakaraeng Makassar Senin, 7 Agustus 2023. 
3) SMA Negeri 6 Jl. Prof. Dr. Ir. Sutami samping Tol Makassar Selasa, 8 Agustus 2023. 
4) Masjid Nurul Bahari Jl. Andalas Makassar Rabu, 9 Agustus 2023
5) Masjid Al Muawanah RRI, Jl. Riburanne Makassar Selasa, 15 Agutus 2023
6) Masjid Al Muawwanah Dinas Sosial Provinsi  Jl. A.P. Pettarani Makassar Rabu, 16 Agustus 2023
7) Masjid Nur Wahyu Syamsi SMA 17 Makassar Jl. Sunu Rabu, 23 Agustus 2023.
8) Masjid SMK SMAK Makassar Jl. Urip Sumiharjo Pampang, Jumat, 25 Agustus 2023. 
9) Kampus STAI Al-Furqan Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan Km 15 Daya Makassar 29 Agustus 2023.
Tebar DANI di SMA 5 Makassar

MOU Kerjasama DPP DANI dengan STAI Al-Furqon 

Ketua STAI Al-Furqon Dr. Ismail, M.Pd., sangat memaksimalkan kehadiran tim DANI di kampusnya. Ia ingin menawarkan perjanjian kerja sama dengan lembaga yang penulis gagas tersebut.
DPP DANI MOU dengan STAI Al-Furqan Makassar

Draf perjanjiannya dikirim sebelum acara dilaksanakan. Usulan penulis yaitu kerjasama (mou) pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap narkotika (P4GN). Ia kemudian memasukkan narasi usulan kerjasama yakni "pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat." Kalimat tersebut agar tertuang di dokumen kerjasama.

Tebar DANI di Masjid Nurul Bahari Kompleks Perumahan Angkatan Laut Makassar

Saat giat penyuluhan berlangsung para peserta  sangat antusias. Sebab ia baru menyimak testimoni peringatan bahaya akan menimpa jika terlibat menyalahgunakan narkotika. Sukri dengan kalimat tegas menyampaikan, "adik-adik mahasiswa jangan sekali-kali kalian coba-coba menggunakan narkoba. Apapun mereknya, sebab cepat atau lambat akan tertangkap polisi. Cukup saya pernah merasakan vonis hakim 9 tahun penjara." Tutur warga Saperia tersebut

Tebar DANI di SMK SMAK Makassar

Ia menambahkan, "resiko lain jika terlibat penyalahgunaan narkoba adalah kecanduan yang sangat susah untuk berhenti. Karena itu jangan pernah adik-adik sekali-kali mencobanya." Urainya dengan nada kalimat peringatan yang tegas dan lugas di hadapan para mahasiswa.

DAKWAH KELILING TEBAR DA'I ANTI NARKOTIKA ADALAH SALAH SATU CARA MEREDUKSI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA

*BY: Hamka Mahmud Seri 788. Kajian Dai Kamtibmas/Penyuluh Agama Islam Non PNS/DANI-Dai Anti Narkotika/DASI (Da'i Siber Indonesia)  HP: 081285693559
Previous
Next Post »
0 Komentar