Tentang Kami | Yayasan Tanggap Cegah MIRASANTIKA

02.02
Bismillahirrahmanirrahim - Yayasan Tanggap Cegah MIRASANTIKA “Minuman Keras dan Narkotika (TCM)” - Lampiran Keputusan MENTERI HUKUM dan HAM 
- NOMOR AHU - 10788.50.10.2014

PENDIRI  : HAMKA MAHMUD - Da’i Kamtibmas Polres Maros & Binmas islam KEMENTRIAN AGAMA Kabupaten Maros.
Yayasan Tanggap Cegah Mirasantika(TCM) sebagai organisasi sosial keagamaan di indosnesia.Didirikan atas dorongan tanggung jawab sebagai dai kamtibmas Polres maros  dan pada Tanggal 15 oktober  2014 dilantai tiga  kantor Polda sulselbar undangan silaturahim dengan tema: “KITA PELIHARA SINERGITAS DENGAN KOMPONEN  MASYARAKAT DALAM RANGKA MENSUKSESKAN PELANTIKAN PRESIDEN  DAN WAKIL PRESIDEN JOKOWI-JK”.  Kami  menyimak pidato Bapak Wakapolda Brigjen Pol  Ike Edwin SH,MH.Beliau mengistruksikan kepolisian dengan jajarannya  serta  kemitraannya sebaiknya banyak melakukan oprasi Binmas.Minyinggung  beliau kasus  konplik dimasamba waktu itu.Karna,alasan beliau kalau Binmas yang turun maka akar masalah akan tuntas ,sebab turun lansung kemasyarakat.Beda kalau oprasi sabara dipermukaan seperti sudah selesai masalah,tenang tampaknya,menahan diri.Tetapi begitu tidak ada lagi  pasukan  keamanan di lokasi  maka bergolak lagi kembali.Oprasi  Binmas inilah yang  selama  ini banyak dilakukan selama menjadi pimpinan pejabat Polri didaerah,serperti dipalembang .Ucap Bapak Wakapolda dalam pidato sambutan mewakili  Bapak kapolda Sulselbar waktu itu.

         Berawal dari  sinilah inspirasi itu datang  dan sebagai  bentuk rasa tanggung jawab sebagai da’i kamtibmas dan melihat dampak dari miras yang dapat membuat seseorang lupa diri bahkan ada yang  sudah membunuh orang  sampai empat kali & tuju kali dan ada juga seseorang yang membunuh mertuanya, Saudaranya,tetangganya,teman mainnya DLL. Dan banyak lagi kasus yang sebagian besar mereka adalah drinkan master pemicu perbuatan kejinya berasal dari miras. Hal ini kami saksikan sejak 2006-2014 hingga sekarang kami menjadi da’i khatib/Pembina pengajian narapidana lapas kls 2a kab.maros dan Rutan kelas I makassar.

 Sementara pada kasus narkoba kami melihat anak-anak, keluarga, dan remaja satu persatu, bahkan sebualan ini dikab.maros sekitar 30 anak dibawa umur ditangkap.ada yang terjerumus dalam pengedaran dan pemakai narkoba dan geng motor.Pada hal dulunya kota kami adalah kota yang damai, tentram, dihargai, di hormati  masyarakatnya ,karna  adanya tokoh Agama  yang sangat disegani dan sangat berpengaruh. Tapi setelah wafat. Disinilah mulai muncul  geng motor dari makassar mengajari anak muda dikota kami, tidak hanya jadi geng motor  tetapi juga  ada yang berani merampok, menodong, dan membawa senjata tajam,bawa bom molotov. Juga pengguna dan pengedar narkoba . Di dalam Lapas dan Rutan banyak napi yang ingin berubah (tobat)mau ikut sama kami keluar dari jeratan Dosa Minuman keras & Narkotika mereka curhat seletelah kami selesai menyampaikan dakwah.

        Di samping itu tempat tinggal kami menjadi  ibu kota kabupaten yang banyak mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat karna kesungguhan pemerintah untuk memanujukan kota .Di balik majunya Kota kami ada juga sekelompok orang membawa budaya negatif,Hal ini berbahaya bagi generasi muda penerus bangsa.

     Tangal 13 Desember 2014 setelah berdiskusi dengan teman-teman , sahabat, guru. Tambah kuatlah tekat itu .Adagium orang bugis-makassar yang punya semangat tinggi. (purik babbara’ sompeqku purik’kutangkisi’gulinggku, ulabbirengngi telleng na toalie) Artinya; Sudah jelas tujuanku, sudah kupegang kemudi dengan erat, lebih baik tenggelam, daripada kembali kedaratan. Lahirlah wadah ini sebagai pembinaan, kampanye, rehabilitasi medis dan sosial, Dampak korban mirasantika serta membina secara aktif narapidana dan eksnarapidana.

        Sungguh benar firman Allah swt.dalam Al-Qur’an  Surah Almaidah ayat 90-91:

”Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat maka tidakkah kamu mau berhenti?”

       Bahwa Mirasantika”minuman keras dan narkotika”adalah menjadikan bermusuh musuhan ,konplik,dan segala bentuk  keburukan sumbernya dari  Mirasantika.Sungguh kami dirikan YAYASAN ini untuk memperbaiki masyarakat, terutama para  para pemudanya. kami kutip ucapan seorang Nabi Allah Syuaib AS.Surah Hud 88. Dia (Syu‘aib) berkata,:

 “Wahai kaumku! Terangkan padaku jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhan-ku dan aku Dianugerahi-Nya rezeki yang baik (pantaskah aku menyalahi perintah-Nya)? Aku tidak bermaksud menyalahi kamu terhadap apa yang aku larang darinya. Aku hanya bermaksud (mendatangkan)(INGIN MEMPERBAIKI) perbaikan selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali

            *MELALUI  WADAH INILAH  KAMI INGIN  MEMPERBAIKI,BESOK TIDAK ADALAGI  ORANG MENJADI JANDA,YATIM,TERKENA PENYAKIT  DAN  MATI AKIBAT MIRASANTIKA,* “minuman keras dan narkotika


Dengan nama Yayasan Tanggap Cegah Mirasantika (TCM), Alhamdulillah mengalir dukungan moril maupun materil dari :
  • Bapak Wakil Bupati Maros : Drs. H. A. Harmil Mattotorang, MM
  • Bapak Kapolres maros : AKBP FC Hotman Sirait SIP.SH
  • Bapak Dandim Maros : Letcol Sunarto S.pd
  • Bapak Ketua DPRD Maros : Chaidir  Syam SIP
  • Bapal Kakamdep Maros : Drs.H.Syamsuddin Ballu.
  • Pengusaha Peduli : H. Muhammad Tang
  • Serta Tokoh Agama, Masyarakat Dan Pemuda mendukung penuh didirikannya yayasan Ini.


VISI & MISI.
  • VISI : Menjadi lembaga yang mengakar di masyarakat dan mitra pemerintah dalam melakukan pencegahan mirasantika secara persuasif dan komperehensif.
  • MISI : Melakukan sosialisasi, penyuluhan, pembinaan dan rehabilitasi secara massif, kontinui, konsisten tentang bahaya MIRASANTIKA.


HARAPAN
  • Yaa ALLAH jadikanlah ikhlas kami sebagai susu murni, bergizi, menguati, langit rhido, bumi terilhami.
  • Yaa ALLAH jadikanlah dosa mendekatkan kami kepadamu dengan taubat nasuha. Jadikanlah ibadah tak menjauhkanku darimu gara-gara membangga.
  • Ya ALLAH untuk tanah yang gersang jadikanlah Yayasan ini embun pada paginya awan teduh pada siangnya dan rembulan menghiasi malamnya.

Previous
Next Post »

2 komentar