Jenderal, Pantun Bugis Tanda Terimakasih dan Selamat Jalan

17.45
Tcmirasantika.com--Impian yang terpenuhi, harapan yang terealisasi dan doaku yang dikabulkan Allah swt ketika kupanjatkan saat khutbah jum'at di Masjid Lembaga rehab Fan Campus Bogor sehingga  Allah mentakdirkan Irjen Pol Dr. H. Anton Charliyan MPKN menjadi Kapolda sulsel pada hal awalnya saat itu Jenderal Anton di isukan Kapolda Bali,  masi Kadiv Humas Mabes Polri, aku masih trening conselor BNN di Bogor.
Pada saat menjabat Kapolda sulsel hanya 8 bulan. Bulan kedua  tugasnya Beliau menanam amal jariyah dengan meresmikan masjid Dai Kamtibmas masjid satu-satunya di Indonesia. Sebab, saya yakin  dibalik peresmian itu adalah kekuatan dari doa. Sebab doa memudahkan yang sulit, meringankan yang berat dan mendekatkan yang jauh. Mana mungikin, seorang Hamka Mahmud yang tidak punya apa-apa, bukan pula pejabat, apa lagi orang kaya raya, bisa mepengaruhi pejabat sekalas Jenderal datang kerumahnya jika bukan kekuatan doa dan karunia Allah swt. Sekarang saya semakain yakin, bahwa  dalam dakwah amar ma'ruf dan nahi mungkar(bahaya miras dan narkoba) tidak sendiri, urusan ini banyak di tolong dan  intervensi langit. Teringat aku dengan ayat ini, bahwa Allah swt pengatur segala-galanya.

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala 
sesuatu.Qs.3:26

Kaget dan sedih, sejak aku dengar bahwa beliau di kembalikan kekampungnya menjabat jabatan yang sama. Kapolda Jawa Barat. Pada hal belum saya laporkan bulan ini kegiatan kamtibmas saya lewat sms dan kami baru susun agenda untuk lauching buku sona sulsel Ini Jalanku Da'I Kamtibamas oleh Beliau tetapi, saya masih punya harapan, boleh jadi Beliau tetap lauching atau badah buku itu tapi, di Jawa Barat. Bi iznillah. Hari kamis 15 Desember 2016 beliau pamit pada Panglima Jenderal TNI Agus SB menuju jakarta untuk Sertijab dengan Kapolda Baru Irjenpol Muktiono. Ketika pamit berpelukan dengan Panglima, Mata beliau sembab, sedih dan terharu  meninggalkan tanah Celebes ini, sambil ajudan setia  beliau berikan tissu dan berjalan kemobil dinas patroli (Patwal) yang kalangan anggota  perwira Polri langka bahkan belum ada seorang Jenderal Polisi mobil dinasnya mobil Patroli. Itulah salah satu ketawaduan Beliau, bahkan ketika Bupati Maros hadir di peresmian masjid heran. "Saya mencari mana mobil dinas Beliau yang biasanya minimal Bintang dua itu Mobil Mewah, ternyata Mobil Patroli". kata Bupati di samping saya, usai peresmian. Bupati sendiri naik Alfard.

Hadis Nabi saw "Man laa yaskurin nas laa yasykuru llah".Artinya: Barang siapa yang tidak berterimaksi pada sesama manusia berarti, ia tidak berterimaksi pada Allah. 

Selamat jalan Jenderal Anton. Terimaksi telah bersua di pondok kami meresmikan masjid Dai kamtibamas dan memberikan kami Piagam Honorary Police, memberikan pengantar pada buku tulisan kami, hingga menginspirasi kami mendirikan Pusat Pendidikan Dai Kamtibamas( PPDK) yang kelak mencetak Dai-Dai Kamtibamas dan anggota Kepolisian yang ber Imtak. 
Dalam perpisahan ini, kutulis sastra bugis. Karna, Jenderal Anton suka sastra, ini sastra bugis buat Jenderal. "Bunga-bunga tonro sallo, iyyapa nabbunga limbang ri maje". Artinya: Amal saleh yang telalah di kerjakan didunia, nanti dibalas setelah meningal dunia". 

Saya juga berterimaksih pada Aspri Lama Kapolda yang sekarang menjabat Kapores Pare-Pare AKBP Pria Budi SIK yang  mendukung masjid Dai Kamtibmas diresmikan oleh Kapolda. Saat saya menyerahakan surat permohonan. AKBP Pria bekata." Bagus ini ust, Bapak Kapolda suka ini, apalagi ini masjid dan sudah mau di resmikan, biasanya itu cari sumbangan, ini tidak. Tapi, sabarki karna Beliau masih sibuk, insya Allah akan saya bantu". Trimakasih, Jazakumullah khaer(semoga Allah swt yang membalas dengan kebaikan)

MELANGGENGKAN HUBUNGAN BAIK KEPADA SESAMA MANUSIA LEBIH SULIT DARI PADA MENCARI SAHABAT BARU


Previous
Next Post »
0 Komentar