DA’I KAMTIBMAS DI WISUDA DI AUDITORUM UIN ALAUDDIN

06.31
Tcmirasantika.com--Setelah mengikuti  Sidang Yudisium di pimpin oleh Ketua Stai DDI Drs. KH. Alwi Nawawi M.Pd  di dampingi ketua jurusan Muh.Mabrur L.Banua, S.Sos.I M.Sos.I dan Mujaddiah M.Pd di Kampus Stai DDI Makassar hari ahad 25 Desember 2016 dan Rabu 28 Desember 2016.

Hamka Mahmud bersama 69 wahasiswa lainya dari Jurusan Tarbiyah Penddikan Agama (S.Pd.I/S.Pd) dan Jurusan Ahwalu Syakhsiyah (SH.I/SH). Seluruh peserta Yudisium diberi pengarahan pada  pidato Ketua Stai menyampaikan dan menetapkan bahwa hari ini berhak menyandang gelar S.Pd.I/S.Pd. Kemudian beliau menyampaikan nasehat-nasehat pada alumni.
“ Bahwa sekarang anak-anakku sekalian telah menjadi bagian keluarga dari DDI jaga al mamater kalian teruslah belajar tidak boleh berhenti belajar dan jangan sombong dengan ilmu yang kamu miliki, pelajarilah tanda-tanda alam sebab alam semesta ini adalah ruang belajar yang di peruntukan  Allah swt.  Ketika Anda di tengah-tengah  mesyarakat nanti mengabdikan ilmu yang kalian  dapatkan, baik itu dikampus maupun dari pengalaman hidup kalian. DDI yang bermanhaj Ahlu sunnah Wal jamaah  di dirikan oleh Almarhum  AGH Abd Rahman Ambo Dalle yang menjadiakn NKRI adalah harga mati artinya tidak boleh kita bertentangan dengan Negara dan merusak tatanan Negara.  Mengabdi dimasyarakat melalui berdakwah atau mengajar atau jika tidak menjadi pedangan cari karunia dan rezki Allah swt. Rezki Allah itu sangat luas, ada di dataran rendah,  ada dataran tinggi, atau ada dilaut  dan didaratan mencari karunia Allah swt dengan cara halal”.
Sementahari kamis 29 Desember  2016/29 Rabiul Awal 1438 di ruangan Auditorium UIN  Makassar Jl. Sultan Alauddin. Di hadiri oleh Wakil Kopertais Wilayah Sulawes, Maluku dan Papua Prof. Dr. Rahim Yunus MA yang juga membawakan orasi Ilmiah tentang Islam Indonesa dan Keislaman di Indonesia dan Sekjen DDI Pusat. Sidang rapat senat terbuka  luar biasa yang di buka oleh Ketua STAI DDI kemudian dilanjutkan laporan ketua panitia Oleh Sekertaris Stai DDI Drs. H. M. Kasim Rajab, M.Pd.
Sekilas tentang skripsi Hamka Mahmud yang di ajukan berjudul: METODE ISHLAHU RIJAL BAGI PECANDU NARKOBA PADA RUMAH DAMPING TANGGAP CEGAH MIRASANTIKA (TCM) KAB. MAROS. Setelah mengikuti serangkaian bimbingan oleh Drs.KH. Alwi Nawawi M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing  II Dr. H. Ahmad Syahid, M.Pd dan berhasil melawati ujian pengesahan oleh Dosen penguji  I Drs. H. Muh. Harjum, M.Pd dan Penguji II Dr. Hj. Hamriah, S.Ag.,M.Ag. Judul  Skripsi yang terinpirasi  dari metode yang diterapkan pada oleh kegaiatan pembinaan mantan penyalahguna narkoba melalui Rumah Damping TCM dan aktitas membina/dakwah Napi atau Warga Binaan Pemasyrakatan di Lapas dan Ruatan Sulsel. Tujuannya agar mendapat pengakuan akademik dari penemuan metode yang baru pertama kali dikembangkan ini, harapanya agar bisa diterapkan pada kegiatan pembianan WBP dan Pascarehab.

Banyak saran yang diberikan pada Hamka Mahmud pasca wisuda yaitu  anjuran untuk mengabil S2  dengan jalur sama masih pendidikan. Tujuan  mengabil  pendidikan yaitu untuk memperkuat sekolah yang akan di bangun nanti yang sudah mendaptkan tanah wakaf dari orang tua Ibu-Bapak dan dan dukungan saudara-saudara serta di apresiasi oleh Kapolri Jenderal Polis Drs. Tito Karnvian Ph.D  melalui kalimat sambutan Beliau  pada buku ini Jalanku Da’i Kamtibmas pada  alinia terakhir yang berbunyi: ” Untuk itu, Saya menyampikan apresiasi dan ucapan selamat kepada saudara Hamka Mahmud atas penerbitan buku ini. Semoga cita-cita beliau selanjutnya untuk membangun Pusat Pendidikan Da’i Kamtibmas (PPDK) dapat segera terealisasi yang pada akhirnya nanti, dapat mencetak semakin banyak kader-kader Da’i Kamtibmas”
Sekian dan Terimakasih
Wassalam alykum.

 Jakarta,       September 2016
  KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
                              TTD
   Drs. M. TITO KARNAVIAN, MA. Ph.D

               JENDERAL POLISI

Previous
Next Post »
0 Komentar