Perintis Jalan Dakwah | Kajian Dai Kamtibmas seri(38)

01.01
WWW.TCMIRASANTIKA.COM - Islam di negeri ini, tidak ujub-ujub ada begitu saja tampa ada peran orang-orang terdahulu yg membuka jalan. Termasuk masuknya islam di nusantara para ahli sejarah berbeda pendapat hingga mengungkapkan beberapa teori. 1. Teori Gujarat Prof.Dr. C. Snouck Hurgronje yg menurutnya tdk mungkin islam masuk lansung dari arabia tampa melalui ajaran tasawuf yg berkembang di India abad ke 13 M. 2. Teori Makkah Prof Dr. Buya Hamka berpendapat islam masuk di nusantara pada abad ke 7 M. Refresi Beliau sebuah berita cina dinasti tang yg menuturkan ditemuinya daerah hunian wirausahawan arab islam di pantai barat sumatra. 3. Teori persia  Prof. Dr. Hoesein Djajadiningrat. 4. Teori Cina Prof. Dr. Slamet Muljana. 5. Teori Maritim N.A.Baloch. kesemua argumen ini bisa kita baca dalam buku sejarah yg sangat baik di baca judul Api Sejarah penulus Prof. Dr. Ahmad Mansur Suryanegara.

Jika di telisik dalam litertur islam masuk di celebes  peran yg paling dominan yaitu peran 3 datok dari sumatra yang mengislamkan raja-raja di sulsel. Datuk Fatimang, Datuk Ditiro,Datuk Ribandang. Kita dan nenek moyang kita beruntung menerima risalah mulia ini dengan baik, serta cerdasnya para dai-dai pendahulu dalam menyepaikan risalah islam dengan cara lembut tdk dengan teror dan target utama seruannya iyalah para raja-raja bugis-makassar dan strategi itu sukses. Beda di beberapa tempat di nusantara masyarakatnya banyak yang mengikuti agama yang dibawa penjajah, ada juga yang tetap pada paham animismenya. 

Allah swt memerintahkan kita untuk mendokan mereka semua yang lebih dahulu memeluk islam, merintis islam, jika bukan karna peran mereka tentunya kita masih berada dalam kenistaan. Doa yang menggabarakan akhlak sesama muslim.Qs.Al-Hasyr.12

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang".

JANGAN LUPAN SEJARAH SEBAB DARI SANA KITA SEMUA BERASAL

Penulis : Hamka Mahmud

Previous
Next Post »
0 Komentar