MENGENANG PENGORBANAN DUA KEKASIH ALLAH | Kajian Dai Kamtibmas Seri 24

06.11
RINGKASAN KHUTBAH IDUL ADHA MASJID AL-HIJRAH TELKOM Makassar. 10 Dzulhijjah 1437 H/ 12 September 2016
ALLAHU AKBAR 9X

Nikmatnya hidup diatas hidayah petunjuk Allah swt saat ini adalah buah dari perjuangan dakwah para Nabi dan Rasul terutama Nabi Ibrahim AS yang mewariskan perintah berkurban dan ibadah haji serta Nabi Muhammad saw yang mewarikan Al Qur’an yang siapa mengabil petunjuk padanya tidak akan tesesat selama lamanya. Dalam banyak ayat di ungkap sifat-sifat mereka agar kita teladani.


1.      Sosok Nabi Ibrahim dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl. 120-123
  
120. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif[843]. dan sekali-kali bukanlah Dia Termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan),
121. (lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus.
122. dan Kami berikan kepadanya kebaikan di dunia. dan Sesungguhnya Dia di akhirat benar-benar Termasuk orang-orang yang saleh.
123. kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah Dia Termasuk orang-orang yang mempersekutukan tuhan.

Kandungan Ayat
  1. 1Pengakuan Allah swt bahwa Nabi Ibrahim teladan lurus akidahnya
  2. 2Nabi Ibrahim selalu mensyukuri nikmat Allah swt dengan melaksankan perintah dan menjauhi larangan
  3. 3 Diabadikan namanya sebagai orang shaleh dan di dunia karuniakan segala kebaikan, keturunan shaleh
  4. 4Perintah kepada seluruh manusia agar mengikuti Nabi Ibarahim yaitu menyembelih hewan kurban dan berhaji.

2.      Sosok Kekasih Allah swt Nabi Muhammad saw dalam Alqur’an.S. At-taubah.128
   
128. sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, Amat belas kasihan lagi Penyayang terhadap orang-orang mukmin.
Makna kandungan ayat.
1.      Allah sengaja mengutus Nabi Muhammad dari golongan manusia agar kita bisa mencontohnya.
2.      Sifat-Sifat Rasul saw sedih melihat orang lain mengalami penyikasan dan derita hidup
3.      Sangat peduli dan berkeinginan untuk menyelematakan kemanusian.
4.      Kapada orang yang mengikuti Beliau saw sangat perhatian dan menyanyangi
Selanjutnya Allah saw memerintah Nabi Muhammad  saw dan Nabi Ibrahim as agar berbakti pada orang tua dan juga kita ummatnya susuruh berbuat demikian.QS.Al-Ahqaf.15ç

15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri".

Ayat ini menggambarkan bagai mana penderitaan ibu yang mengalami tiga masa yang sangat sulit. Olehnya itu kita semua dilarang durhaka padanya. Diperintah menghormatinya, memenuhi kebutuhnnya ketika tua, selalu mendokananya. Itupun segala kebaikan yang kita berikan belum sanggup dan seimbang dari pengorbannya.

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي قَالَ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ 
قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أَبُوك

\"Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sambil berkata; \"Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?\" beliau menjawab: \"Ibumu.\" Dia bertanya lagi; \"Kemudian siapa?\" beliau menjawab: \"Ibumu.\" Dia bertanya lagi; \"kemudian siapa lagi?\" beliau menjawab: \"Ibumu.\" Dia bertanya lagi; \"Kemudian siapa?\" dia menjawab: \"Kemudian ayahmu.\" HR. Bukhari No.5514.

Hamka Mahmud. Semister akhir jurusan Tarbiyah STAI DDI Makassar.
Da’i Kamtibmas Polda sulsel. Penerima Piagam Honorary Police Kapolda sulsel bidang pemberantasan/Penyuluhan bahaya miras dan narkoba. Pembina Dakwah 3 Lapas dan 1 Rutan di Sulsel.
Penyuluh Agama Non PNS Kemenag Wilayah Sulsel.
Anggota Mubalillig IMMIM Makassar.


Previous
Next Post »
0 Komentar