89 Tiap Hari Meregang Nyawa di jalanan | Kajian Dai Kamtibmas seri (36)

00.56
WWW.TCMIRASANTIKA.COM - Semenjak data lakalantas ini diliris di metrotv di berita running teks tahun lalu spontan saya lansung dokomentasikan agar jadi bahan dakwah  bidang Kamseltibcar.(Keamanaan keselamatan ketertiban berkendara/Car). Awalnya saya pikir narkoba yang banyak merenggut nyawa masyarakat Indonesia. Ternyata ada yang lebih dasyat 89 tiap hari, tetapi rupanya tahun ini ada penurunan sedikit pasca ramadhan kembali di liris pihak yg terkait di TV sekitar 70 an lebih. Tetapi di sulsel yang pernah pernah di muat di koran 150 lebih orang mati dari bulan 1-6 di jalan poros makassar-pare pare. Sementara jika di total dari keseluruhan 24 kabupaten kota sekitar 400 lebih korban tewas. Belum yang cacat seumur hidup.  Ya Allah jauhkan lah kami dn keluarga dari kecelakaan lalulintas.

Saya pernah bekelakar ketika masuk berdakwah di lapas. Saya katakan pada Napi. Anda besyukur beradi di sini. Sebab anda semua tdk masuk calon 89 korban lakalantas di jalanraya. Ada tertawa, sembari cengingisan. Ada yg menganguk-angguk berkata betul. Alhamdulillah.Allah takdirkan sy punya pengalaman keliling sulsel ikut even MTQ menggunakan mobil pribadi yg saya bri nama Wanua singko bahasa kaili (rumah rajawali) hingga seluruh aspal jalan nasional disulsel sdh di dilintasi. Bahkan menjelajah hingga 4 propinsi. Sulsel,Sulbar, Sulteng dan sultra. Dalam penjelajahan ini  saya melihat bagaimana pengendara mengalami kecelakaan. Saya berbagi pengalaman disini. 

Kecelakaan dari mobil rata-rata penyebabnya yaitu supirnya lelah hingga coba menahan  kantuk, secara tdk sadar seketika terpejam matanya, akhinya mobil menabarak atau jatuh dijurang. Itulah, jika seorang duduk di samping supir sebaiknya banyak mengajak dia ngobrol atau kalau saya supir, biasanya makan kacang yang ada kulitnya sambil nyetir, sebab bisa mangaktifkan otot hingga kantuk bisa ditahan. Tapi tips yg paling baik adalah istirahat atau ganti driver. Sebab lain, ada jg karna habis minum miras ugal-ugalan akhinya nabrak orang. Yang paling besar resikonya tabrakan yaitu terburu-buru. Jadi betul hadis Nabi saw at-ta'anni minallah al ajalatu mina syaiton" (hati-hati dari Allah terburu-buru  dari setan). Oleh karna sudah banyak korbanya, mari kita sadar berkandara. Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas. Agar selamat diri dan orang lain.
Tips selamat di jalan raya.
1. Baca doa ketika keluar rumah. "Bismillah tawakkaltu ala llah" juga doa naik kendaraan.
2. Pastikan kendaraan layak pakai.
3. Pakailah alat pengaman berkendara. Helm jika motor Sabuk dipasang jika mobil
4. Jangan terburu ke tempat kerja, rumah, kampus sebab yang dituju tdk kemana-mana.
5. Hormati hak-hak pengguna jalan lain. Terutama pejalan kaki. Memberikan mereka kesempatan menyebrang adalah SEDEKAH.
6.Hindari mengunkan Hp jika menyupir.
7. Suara kendaan kita jangan menggagu orang lain.
8. Perhatikan rambu-rambu sebab itu adalah nasehat yg berbentuk tanda.

BERHATI HATI DIJALAN ITULAH TAKWA, SEMENTARA TERBURU-BURU ITU BISIKAN SETAN.

Penulis : Hamka Mahmud

Previous
Next Post »
0 Komentar