Jangan Mengira Penjara Jelek, Jika Disini Hidayah di Raih

01.28
Hari itu dua pekerjaan besar  dikerjakan itu ucapan saya dengan Humas TCM, semuanya berkesan dan yang satunya jika bukan karna kemudahan dari Allah sulit dilaksanakan. 

Hari selasa 23 Agustus 2016 pagi ketemu Kapolri Jenderal Polisi HM Tito Karnavian. Ph.D di Mapolda Sulsel siangnya harus  shalat  dhuhur di masjid Lapas Kelas 1 makassar karna di undang olah oleh Kepala Bapas Sulsel Bapak Sudirman Zainuddin SH. MH. Untuk ikut mengisi dakwah dan motivasi berubah di Lapas terbesar di Indonesia timur tersebut.

Saat masuk dalam area lapas ketemu penanggung jawab kegiatan dakwah di masjid lapas namanya Pak Hamka, selanjutnya ketemu dengan Kalapas yang baru beberapa bulan masa tugas baliau di Lapas Gunung Sari pindahan dari Lapas Nusakambangan yang tentunya Beliau sudah matang di bidang pemasyarakatan. Kalapa hadir pada dakwah perdana di masjid Nur Ihsan. Tema yang kaungakat jangan anda mengira ujian dan cubaan yang menimpa saudara jelek bahkan bisa saja baik bagi saudara. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah An-nur. 14.


إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ ۚ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ ۖ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ ۚ وَالَّذِي تَوَلَّىٰ كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil 
arbahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang bes

Ayat ini menguncang bahtera rumah tangga Nabi saw. Tetapi kenapa Allah justru menyemangati dan berfirman. Ujian ini baik bagimu. Hal ini bisa difahami. 
1. Jika musibah yang menimpa kita mendekatkan diri kita kepada Allah swt istirahat dari penatya hidup diluar lapas dan kita di sini banyak muhasabah dan giat ibadah yang mungkin saja jika kita di luar kita sulit mengerjakannya. Contohnya; Ada napi dimaros dulu sebelum ia masuk penjara dia tidak tahu mengaji, karna ia banyak mengahabisakn waktunya di masjid lapas semasa jadi napi dan aktif ikut kegiatan dakwah jadilah ia pintar dan bisa baca alqur'an dengan baik. Sakin barsyukur dan harunya ia di Lapas. Ketika bebas ust yang juga Napi itu yang banyak mengisi waktunya mengajar alqur'an. Napi yang sudah pintar mengaji ini menangis dan terharu sedih karna gurunya yang bimbing ia telah bebas.


Saudaraku shahiba sijni rahimakumullah. Di Lapas ini ada tempat yabg dicintai Allah swt yaitu masjidnya dan tidak ada disini tempat yang dibenci Allah swt yaitu pasar. Olehnya itu banyaklah melangkahkan kaki kemasjid Ini, kemudian berzikir, membaca Al-Qur'an membaca buku-buku agama. Maka jika disini kita dapat hikmah hidup dan dekat kepada Allah swt seperti yang di akui sendiri Ust yang Sekarang menjadi pelopor masyarakat Indonesia menghafal Al-Qur'an yang pernah di penjara dua kali. Ust Yusuf Mansur bahkan beliau mengundang Imam Masjid Haram untuk mewisuda santrinya yang sudah Hafiz Qur'an. Itulah yang saya katakan bahwa boleh jadi penjara ini baik bagi kita jika disini kita dapat hidayah dan petunjuka Allah swt yang nilainya tidak bisa dibayar dengan seluruh perbendaharan yang ada di dunia ini. Ketakwan itu mahal saudaraku dan itu harta paling berharga. 

Pengajian itu ditutup dengan Doa yang sangat mengharukan para Warga Binaan Pemasyarakatan sebab banyak yang sembab matanya, basah pipinya karna Doa Da'i Kamtibmas yang mengingatkan kasih sayang ibu dan bapak yang sekarang tidak bisa bersama lagi dan mengingatkan kehangatan bersama istri yang sekarang berjauhan karna ujian ini dan tidak sempat lagi mengantar dan memasang kancing baju sekolah anak tercinta sebab berada dalam tembok tertutup dunia luar. Merka semua manangis tersedu-sedu mengingat itu semua.

Alhamdulillah afaani mimabtalahum bihi, wafaddalani katsiran mimman khalaqa tabdila.
Area 
Previous
Next Post »
0 Komentar