Pengajian Plus Pasar, Ilmu Plus Ekonomi = Dunia Dan Akhirat

01.36
www.tcmirasantika.com Tanggal 17-05-2015 pengajian dari rumah kerumah warga pesantren yang ke9 berbeda sebelumnya, kali ini dimulai dan diresmikannya pasar ahad pagi oleh Pimpinan Pusat  Pesantren Darul Istiqamah Muzayyin Arif.
Awal yang baik karna disamping perdana pengunjung pasar membeludak, seluruh peserta pengajian sekitar lebih 800 orang mengunjungi pasar tersebut dengan aneka janis jualan. Mulai dari sayur, Ikan, kue tradisonal bugis-makassar, busana muslim, buku-buku islam, obat herbal DLL.
Sebagimana Misi Pesantren Menjadi Kota Ilmu dan Perdaban yang selalu diulang oleh pimpinan dalam setiap pidato pertemuan yaitu :

  1. Mewujudkan tatanan masyarkat yang beriman kepada Allah swt, menjunjung tinggi persaudaraan, meneggakan syariat, mencintai ilmu, mensyiarakan dakwah, berakhlak mulia, dan mandiri.
  2. Menyiapkan sarana dan pra sarana menunjang  keberlangsungan sistem pengelolaan  kota (Infra jalan, sanitasi, hiburan, kesehatan, dan pemerintahan).
  3. Membangun pusat pendidikan yang berkualitas dan terintegrasi
  4. Membangun kawasan pemukiman warga terbina dan tertata rapi aman dan sehat.
  5. Membangun pusat kegitan ibadah, dakwah dan ekonomi.
Bukan kebetulan pada saat yang sama diresmikannya pasar Ahad Bapak Pesantren Ust  M. Arif Marzuki dimulai dengan pengajian tafsirkan ayat Al-Qur'an surah al- Isra  ayat 35 yang membahas tentang etika dan adab dalam berniaga


وَأَوْفُوا الْكَيْلَ إِذا كِلْتُمْ وَزِنُواْ بِالقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيمِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً
Dan penuhilah takaran bila kalian menakar, dan timbanglah dengan timbangan yang benar. Itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.
Wa aufū (dan penuhilah), sempurnakanlah.
Al-kaila idzā kiltum (takaran bila kalian menakar) untuk orang lain.
Wa zinū bil qisthāsil mustaqīm (dan timbanglah dengan timbangan yang benar), yakni dengan timbangan yang adil.
Dzālika (itu), yakni memenuhi takaran, timbangan, dan janji.
Khairun (lebih utama) daripada melakukan pelanggaran dan pengurangan.

Wa ahsanu ta’wīlā (dan lebih baik akibatnya).

Maju Dan Bangkitlah Pesantren  Darul Istiqamah terus cetak Generasi Tangguh dan Rabbani. Yang sekarang Dinahkodai pemimpin muda masa depan, yang Ayahandanya Ust M. Arif Marzuki Kata  IR Douglas Prabawono, MT.  Direktur Boading School Al-Kausar  Jakarta. Beliau memberikan komentar saat ikut pengajian bahwa " Bapak Kiyai begitu hidup terasa  dalam mentafsirkan alqur'an, kita dibawa menyelusuri ayat-ayat, dengan metode ayat menafsirkan dengan ayat yang lain. Kemudian diramu dan disajikan kepada kita. Ini terasa berbeda dengan pengajian ayang lain, yang pernah saya ikuti mungkin karna beliau guru kita Ulama sekaligus Pejuang ada mungkin ulama,  tetapi bukan pejuang kalau Abah, Beliau Ulama dan pejuang itulah yang nampak luar biasa dengan pengajian ini,saya begitu banyak mengikuti pengajain tafsir.ini terusterang berbeda mudah mudahan saya bisa menjadi warga disini juga."

Previous
Next Post »
0 Komentar