Tebar DANI Diserbu Pertanyaan Siswa SMP Swasta

22.17

Hamka Mahmud*

Rasa-rasanya selama penulis dan tim implementasikan program tebar Da'i Anti Narkotika Yayasan Hadji Kalla dan melakukan dakwah pencegahan peredaran narkoba di tiga sasaran yakni sekolah, masjid dan kampus. Ada satu momen penulis sebagai narasumber diserbu pertanyaan. Ini sangat berkesan. Sebab siswa SMP  sangat kritis dalam bertanya berkaitan dengan bahaya narkotika.


Ketua MKKS Mulahishun Amien, S.Pd., M.Pd memberi kata sambutan pembukaan seminar Anti Narkoba

Yakni dari para siswa SMP swasta.  Kagiatan yang dilaksanakan oleh  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Swasta se Kota Makassar.  Bertemakan seminar Anti Narkoba. Dengan judul: "Bangun Generasi Unggul Jauhi Narkoba". Bertempat di Mall Pipo Atrium Hongkong, jalan Metro Tanjung Bunga hari Rabu, 4 Oktober 2023.

Hal lain yang juga berkesan adalah lokasi acara seminar yakni baru kali ini terjadi yakni di mall. Biasanya di Masjid, aula sekolah dan kampus. Pesertanya juga tidak hanya dari kalangan muslim, juga siswa SMP swasta dari sekolah Kristen Katolik dan Protestan serta sekolah Budha.

Siswa SMP peserta seminar antusias bertanya tentan bahaya narkotika

Alhamdulillah, penulis yang telah terbiasa berinteraksi dengan ragam suku, ras dan agama tak kesulitan menyampaikan materi. Bahkan saat program Manejer Tebar Da'i Anti Narkotika dari Yayasan Hadji Kalla Salman Febriansyah menanyakan bagaimana dengan peserta dari kalangan non muslim? Penulis yang terbiasa menulis menteri ceramah, telah menyiapkan khusus selebaran untuk audiens dari non muslim. Ini jawaban penulis. Ia pun mengirim emoji jempol di group WA terhadap jawaban penulis tersebut.

Flayer  infomasi kegiatan Semintar Anti Narkoba MKKS

Ketua MKKS Mulahishun Amien, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya saat pembukaan seminar Anti Narkotika. Sangat mengapresiasi adanya kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Hadji Kalla kerja sama dengan Da'i Anti Narkotika tersebut. Sebab generasi muda, khususnya kalangan pelajar rawan terpengaruh penyalahgunaan narkotika. Hal itu yang menyebabkan sehingga pihak MKKS mengadakan seminar yang menghadirkan siswa-siswi sekolah swasta se Kota Makassar.

Akan Membuat Satu Buku Tentang Tebar DANI 

Ada beragam pertanyaan dari siswa SMP yang diutarakan. Adapun teks pertanyaan dan jawabannya penulis akan buat satu artikel khusus untuk dapat semua yang hadir pada acara tersebut mengetahui jawabannya. Dan juga menjadi tulisan menarik bagi penulis yang kelak akan dibuat menjadi satu buku. In Syaa Allah Mungkin saja judulnya,1) Tebar Da'i Anti Narkotika: Kontribusi Yayasan Hadji Kalla, 2) Yayasan Hadji Kalla Menebar Da'i Anti Narkotika, 3) Da'i Anti Narkotika Ditebar Yayasan Hadji Kalla.

Siswi SMP peserta seminar mengajukan pertanyaan tentang keburukan narkotika

Tiga judul di atas akan dipilih salah satunya. Penulis akan meminta kepada pihak Yayasan Hadji Kalla yang mana disepakati dan paling tepat untuk dijadikan judul buku?. Ada banyak hal yang menarik dari dua tahun kerjasama dalam bidang dakwah pencegahan narkotika di kota Makassar. Sehingga sangat penting dan inspiratif jika kisah tersebut dikemas dalam buku. 

Para siswa SMP Swasta se Kota Makassar duduk melantai  di Mall menyimak pembukaan seminar Anti Narkoba

Penerima Manfaat progeram Tebar Da'i Anti Narkotika Yayasan Hadji Kalla di bulan Oktober 2013 yakni:

1. Siswa  SMP Swasta se Kota Makassar. Dilaksankan di Mall Pipo Atrium Hongkong pada tanggal 4 Oktober 2023. 

2. Siswa SMA Muhammadiyah 5 Kota Makassar. Jalan Sabutung Baru. Selasa, 10 Oktober 2023

3. Siswa SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Bertempat di Masjid Kampus UNISMUH. Rabu, 11 Oktober 2023.

4. Siswa Madrasah Aliyah DDI Makassar. Jalan Sultan Alauddin. Selasa, 17 Oktober 2023.

5. Jamaah Masjid Babul Jannah Maccini Kota Makassar. Jalan Urip Sumoharjo. Selasa, 17 Oktober 2023

6. Siswa SMA Islam Athirah 1 Kota Makassar. Jalan Kajaolalido. Rabu, 18 Oktober 2023.

7. Siswa SMK Muhammadiyah 2  Bontoala Jalan Andalas Kota Makassar. Selasa, 31 Oktober 2023.

Penulis foto berlatar belakang logo SMA Islam Athirah

Satu hal lagi yang berkesan selama di bulan Oktober 2023 melakukan penyuluhan narkotika yakni saat di sekolah ternama yakni SMA Islam Athirah 1 Kota Makassar. Sebabnya tempat mengadakan penyuluhan mirip suasana bioskop. Kursinya bertingkat-tingkat. Nampak raut muka siswa-siswinya adalah anak kalangan berkecukupan orang tua mereka. Karena itu, penulis sangat menekankan peringatan waspada kepada mereka. Sebab justru dari kalangan anak yang berkecukupan, rawan terpengaruh. Bahkan menjadi incaran bandar narkotika. Mereka dapat dijadikan pangsa pasarnya.

Kegiatan tebar Da'i Anti Narkotika pada Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar

Penyuluhan di SMA Islam Athirah bagi penulis adalah pengalaman perdana dan juga masuk di sekolah yang didirikan oleh keluarga Hadji Kalla tersebut. Yang secara tidak kebetulan (pengaturan Allah) Tebar Da'i Anti Narkotika disponsori oleh Yayasan Hadji Kalla. Ada salah satu pengasuh di sekolah tersebut juga mengusulkan, agar menyambangi sekolah Islam Athirah Bukit Baruga. Memberi imunitas siswa mereka untuk menjauhi narkotika. Ketua tim fasilitator Ikhwan, S.Pd., M.Pd akan mencoba mengagendakan.

BERTANYA ADALAH SETENGAH DARI ILMU PENGETAHUAN SEBAB ITU MANFAATLAH BERTANYA UNTUK MERAIH ILMU

*BY: Hamka Mahmud Seri 794. Kajian Dai Kamtibmas/Penyuluh Agama Islam Non PNS/DANI-Dai Anti Narkotika/DASI (Da'i Siber Indonesia) HP: 081285693559

Previous
Next Post »
0 Komentar