Da'i Anti Narkotika Syukuran Milad 5 Tahun dan Rapat Pembentukan DPP DANI

19.56

 Hamka Mahmud*

"Adapun nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu beritahukan." QS. Adl-Dluha ayat 11. Berangkat dari ayat ini. Penulis ingin mengungkapkan rasa syukur atas nikmat Allah subhana wata'ala yang diberikan selama mengawaki DANI priode 5 tahun yakni terhitung 14 Agustus 2018 hingga 27 Agustus 2023 baru mengadakan acara syukuran sederhana.

Foto bersama di depan kantor pusat DPP DANI yang juga masjid Da'i Kamtibmas

Seluruh anggota DANI yang telah tertulis abadi namanya di dalam buku berjudul DANI berusaha untuk diundang. Dengan minta Sekertaris Jenderal DANI Ikhwan, S.Pd., M.Pd., untuk menghubungi semuanya. Ia yang paling banyak berperan dalam milad 5 tahun DANI. Dan sosok kakak kandung penulis yang menjual di pasar Sawah Makassar bernama Kuba memberi sumbangan telur ratus butir dan Sukri yang menemani penulis dakwah Tebar da'i Anti Narkotika program Yayasan Hadji Kalla, turut memberi sumbangan ikan bandeng puluhan ekor. Penulis doakan semoga mereka diberkahi rezkinya. 

Sebelum acara syukuran mereka semua dihubungi via WhatsApp. Ada beberapa yang bersedia hadir sehingga dibuatkan khusus GWA. Juga ada yang tidak sempat. Sebab telah berada di luar provinsi Sulsel. Dan juga ada yang telah tidak aktif nomor Hpnya. Hal ini diungkap oleh hasil laporan sekjen.

Untuk membentuk Dewan Pengurus Pusat Da'i Anti Narkotika maka secara pribadi penulis juga undang beberapa sosok kolega. Seperti mengundang Pak Ahmad, S.Pd., yang selama ini, ia yang menerima laporan kegiatan penyuluhan Da'i Kamtibmas yang penulis lakukan. Ia  ASN DIT. BINMAS POLDA SULSEL

Juga penulis undang secara pribadi Aiptu Yusuf Habib anggota POLRI menjabat Kanit BINMAS Polres Mandai Maros. Ia juga mewakili Kasat BINMAS Polres Maros AKP Asgar. Tidak lupa mengundang juga para juara lomba Da'i Kamtibmas Polres Maros. Hadir Muhammad Nurdin, S.Pd. dan Usman Arungbia, S.Pt., S.Pd. Dan untuk melengkapi ada beberapa da'i sahabat yang selama ini penulis memberi amanah naib khatib jika berhalangan yakni Supriadi, S.Pd., M.Pd., dan Hariadi, S.Pd., M.Pd.

Ada sosok mantan pejabat penulis juga undang. Satu bintang dua dan satunya lagi bintang satu pangkat yang disandangnya hingga pensiun. Akan tetapi bertempatan mereka semua sedang berada di pulau Jawa jawabnya. Yakni Mayjen TNI (Purn) H. Kahar Wahab dan Brigjen Pol (Purn) Drs. Idris Kadir, M.Hum. Ia mengirimkan ucapan selamat milad DANI via WhatsApp "selamat semoga DANI tetap eksis untuk mencegah penyalahgunaan narkoba." Tulis calon DPR RI dapil 1 Sulsel di background foto WhatApp Hpnya. Sosok jenderal putra Bugis Bone yang meluncukran buku DANI tahun 2020 lalu

Pejabat yang tidak sempat hadir beri ucapan selamat via WhatsApp, yakni Kepala Bagian Umum BNNP Sulsel yakni Sudaryanto, S.Km., M. Km. "Selamat Milad yang ke 5 DANI, mohon maaf ustadz tidak jadi datang karena kedatangan tamu dari Palu, tidak enak tinggalkan." Tulisannya.

Rasa syukur kepada Allah diungkapkan dengan menyajikan makanan

Nasi Tumpeng dan Nasu Pelekko

Jika DANI baru dirayakan miladnya selama lima tahun eksis. Maka juga menjadi pengalaman terbaru yaitu memotong nasi tumpeng. Sebelum itu tidak pernah. Bahkan merayakan ulang tahun penulis tidak pernah diadakan seremoni seperti itu. 

Usai semua tamu undangan shalat Zhuhur berjamaah di masjid Da'i Kamtibmas. Maka nasi berwana kuning yang dibentuk ornamen mirip gunung penulis potong yang sebelumnya membaca doa syukur nikmat, 

{ رَبِّ أَوۡزِعۡنِيٓ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِيٓ أَنۡعَمۡتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَيَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَٰلِحٗا تَرۡضَىٰهُ وَأَدۡخِلۡنِي بِرَحۡمَتِكَ فِي عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ }

 “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang salih.” QS. An-Naml: 19

Kemudian penulis berikan kepada Bapak Ahmad, S.Pd sebagai sosok yang penulis sangat hormati. Ia penulis undang secara pribadi, namun datang dengan mobil dinas DIT. Binmas Polda Sulsel. Lalu penulis berikan pada pembinaan yayasan, perumus nama yayasan, pengawasa yayasan dan bapak penulis Mahmud yang turut hadir membersamai. Semua tamu disuguhi masakan khas Bugis yakni Nasu Pelekko dan ikan bakar,

Pengurus Yayasan TCM dan DANI  Silaturahim 

Acara syukuran DANI 5 tahun beri kesan mendalam, sebab ketemu unsur-unsur Yayasan Tanggap Cegah Mirasantika. Yakni Ketua Pembina Mutaallim dan Wakil Adi Ispanriardi, Ketua Umum Yayasan TCM penulis, sekertaris Mukhtasar, bendahara yayasan Musyayyadah, pengawas Ust Oman Sudirman, Lc. Serta sosok yang terlibat dalam perumusan nama Yayasan TCM Ust Drs. H. Abdul Hafid Amri. Hanya  wakil ketua Hamsir Alam B, S.Pd., berada dalam perjalanan ke Gowa.  

Suasana rapat pembentukan pengurs DPP DANI  di Masjid Da'i Kamtibmas

Humas Yayasan TCM Ismail Nurdin sosok pemuda didikan murni penulis, ia kini lebih hebat menguasi IT dari pada penulis sendiri. Ia awal dapat ilmu digital/IT  karena ikut menjadi marketing software perpustakaan digital yang penulis jual waktu itu. Masih ada satu lagi pemuda didikan penulis yang hebat IT, ia bekerja di PT. Semen Tonasa bagian marketing digitalnya. Akhyar namanya, akan tetapi berhalangan hadir.

Saat rapat ada peserta bertanya tentang legalitas DPP DANI. Lalu penulis menjawab, bahwa Yayasan TCM yang sangat luas cakupan yang dapat dikerjakan yakni bidang sosial, pendidikan, kemanusiaan. Hal ini tertuang di pasal 2 akta notaris. 

Lalu di dalam diktum akta notaris dirinci narasi bidang sosial yakni di pasal 3: "melakukan/melaksanakan penyuluhan, pembinaan, pelatihan dan kampanye di bidang penyalahgunaan Narkotika serta obat-obat terlarang lainnya..."

Dengan demikian DANI adalah tafsir dan implementasi dari kerja sosial tersebut. Sebab  maksud dan tujuan dibentuknya Yayasan TCM melakukan kerja-kerja pencegahan penyalahgunaan narkotika. 

Pembina yayasan mengapresiasi Adi Ispanriardi atau biasa disapa Miftah sangat mengapresiasi kerja yang selama ini dilakukan oleh DANI diusia lima tahun yang telah berlalu. Untuk efektifnya pertemuan syukuran DANI, ia menyarankan agar membentuk formatur DPP DANI. Selanjutnya dilengkapi, siapa saja sosok yang bisa dimasukkan sebagai pengurus DPP DANI.

Sementara itu, sosok yang terlibat merumuskan nama yayasan. Juga memberi apresiasi dan memberi penjelasan, "Da'i Anti Narkotika atau DANI dan Yayasan TCM adalah satu  yang melakukan kerja perpanjangan dari tugas kepolisian." Ujar sosok tokoh agama Maros Drs. Abd Hafid.

Brosur yang berisi Latar Belakang didirikan Yayasan TCM

Ada banyak hal yang berkesan dari silaturahim tersebut. Di antaranya ada sosok sahabat DANI hanya ketemu muka 5 tahun lalu ketika TOT dan dikukuhkan DANI di kantor BNNP Sulawesi Selatan yakni Ust Muhammad Asri, S.Pd., ia penulis beri buku DANI dan menunjuk di halaman buku namanya tertera. Ia sangat gembira meneri hadiah tersebut. Sebab telah lama ikuti kegiatan DANI di grup WA DANI.

Akta Legalis DANI bernaung di bahwa Yayasan TCM

Visi dan Misi DANI

Jika ingin mengetahui ruh dan jiwa suatu organisasi. Maka baca dan renungkanlah kalimat visi misinya. Da'i Anti Narkotika sejak 5 tahun lalu penulis rumuskan visi dan misinya. Yaitu terutang di dalam buku DANI halaman 22, yakni:

Surat Keputusan Kemenkumham tentang legalitas Yayasan TCM yang menaungi DANI

Visi: 

"Mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, dalam rangka terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan kompetitif di segala bidang melalui kegiatan penyuluhan agama di bawah koordinasi BNN RI."

Misi:

"1. Menjadi sahabat mitra BNN RI

2. Menyampaikan nasehat-nasehat spritual pada kegiatan keagamaan tentang bahaya menyalahgunakan narkotika dalam rangka pencegahan.

3. Aktif menyampaikan penyuluhan bahaya narkotika, baik itu dalam bentuk tulisan buku, artikel, opini atau video di YouTube dan media sosial."

Ucapan terima kasih kepada suruh sahabat DANI  yang hadir, maupun yang tidak sempat. Semua tamu undangan yang hanya lewat japari WhatsApp hadir dalam tasyakuran. Terakhir penulis berucap terima kasih kepada yang berlelah dan capek memasak yakni istri penulis Musyayadah (Ummi Fadhel), kakak penulis Hj. Nurhaeda yang mengolah ikan, dan mertua ibu Hanaria yang buat nasi tumpeng lezat, serta seluruh santri TPQ masjid Da'i Kamtibmas yang membantu mengolah kelapa muda yang dipetik di kebun kekek penulis al-marhum H. Ukkas Dg, Matutu. Semoga Allah subhana wata'ala membalas kalian semua dengan kebaikan. 

SYUKURAN DANI 5 TAHUN DAN RAPAT PEMBENTUKAN DPP DANI ADALAH WUJUD NYATA TERUS  EKSIS  BERKIPRAH MENCEGAH PENYALAHGUNAN NARKOBA

Hamka Mahmud Seri 788. Kajian Dai Kamtibmas/Penyuluh Agama Islam Non PNS/DANI-Dai Anti Narkotika/DASI (Da'i Siber Indonesia) BY:  HP: 081285693559

Previous
Next Post »
0 Komentar