Hamka Mahmud : Kunci Pintu Rezeki

23.37
Hamka Mahmud
WWW.TCMIRASANTIKA.COM - Seorang pedagang muslim tidak boleh terpaku hanya pada teori ekonomi yang dipelajari dari kuliahannya atau buku-buku ekonomi modern dan menjalankan model marketing Barat yang justru menjebak ke wilayah ribawi.



Cobalah lihat dan laksanakan teori ekonomi keislaman dan model marketing langit di bawah ini:


  1. Shalat Wajib Tepat WaktuIngat pengusaha _Waroeng Steak and Shake_ dgn 1000 karyawan yg mewajibkan sholat tepat pada waktunya dan berjama'ah. _That's spritual Company!.
  2. Taqwa
    “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,”_ (QS ath-Thalaq: 2-3).
  3. Tawakal
    Nabi Shallalahu 'Alaihi Wassalam bersabda: _“Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.”_ (Riwayat Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r.a.).
  4. Tahajjud
    “Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”_. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

  5. Shalat Dhuha
    “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.”_ (dari Abu Darda`).
  6. Dzikir & Istighfar
    “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya (Jika mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi nikmat yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Aku takut kamu ditimpa siksa hari kiamat”._ (QS. Hud : 2).

  7. Doa & Restu Orang Tua
    Ridho Allah SWT ada pada ridho orang tua. Mintalah restu mereka, terutama Ibu. (Silakan baca buku "7 Keajaiban Orang Tua"_ oleh Ust Al Habsyi). Menurut Ippho, orang tua adalah sepasang bidadari.
  8. Silaturrahmi
    "Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahmi”_. (H.R. Bukhari-Muslim).
  9. Sedekah
    Sabda Nabi Shallalahu 'Alaihi Wassalam : _“Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu.”_ (Riwayat Bukhari).

    Pinjam istilah Ippho, sedekah adalah perisai langit.
  10. Berbuat Kebaikan
    Sabda Nabi Shallalahu 'Alaihi Wassalam : _“Sesungguhnya Allah tdk akan zalim pd hambanya yg berbuat kebaikan. Dia akan dibalas dengan diberi rezeki di dunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat"._ (HR. Ahmad).

  11. Bangun Pagi
    Sabda Nabi Shallalahu 'Alaihi Wassalam :  _“Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rezekimu dan melakukan tugasmu, karena hal itu membawa berkah dan kesuksesan.”_ (H.R. At-Thabarani).

  12. Berdagang
    Dan Nabi Shallalahu 'Alaihi Wassalam  bersabda: _“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.”_(Riwayat Ahmad).

    Dalam buku _"Notes from Qatar"_, Muhammad Asad menjelaskan total pengusaha Indonesia saat ini hanya 450.000 pengusaha dari 229,6 juta penduduk (th 2011), yakni 0,2% !  0,2% penduduk inilah yang menguasai lebih dari 90% pintu rezeki dan sebanyak 229,6 juta merebutkan yang 10%. *Ayo Menjadi Entrepreneur*, katanya.
  13. Menikah
    "Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui."_ QS. An Nuur : 32.


Semoga bermanfaat!
Mari kita laksanakan!


Previous
Next Post »
0 Komentar